Pertemuan Sinkronisasi Angka Tetap Produksi Tanaman Pangan Tahun 2023 Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur TA.2024

Kupang, 17 Mei 2024, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur mengadakan pertemuan Sinkronisasi Angka Tetap Produksi Tanaman Pangan Tahun 2023 yang diselenggarakan di Aula Lantai 2 Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara pada hari Jumat tanggal 17 Mei 2024. Pertemuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas data statistik tanaman pangan di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pertemuan ini dibuka oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara, Nixon M.Balukh, SP, M.Si. Beliau menekankan pentingnya data statistik yang akurat dalam mengambil keputusan strategis di bidang pertanian khususnya tanaman pangan.

Pertemuan ini dihadiri oleh petugas data kabupaten/kota Se-Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berkompeten dalam menangani data statistik tanaman pangan. Kabupaten yang hadir secara onsite yaitu Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Sumba Barat, Sumba Timur, Sikka, Sabu Raijua dan Timor Tengah Selatan. Sedangkan 15 kabupaten lain hadir secara online. Narasumber  yang hadir dari Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur selaku pembina data statistik sektoral yang diwakilkan oleh Marthin F.Sinaga, S.ST dan Leonardo Da Vinci, S.ST selaku statitisi ahli pertama.  Materi yang disampaikan oleh narasumber dari Badan Pusat Statistik Provinsi NTT sangat penting dalam memastikan ketepatan dan keakuratan data statistik yang digunakan khususnya data tanaman pangan. 

Pertemuan tersebut difokuskan pada pembahasan evaluasi capaian produksi data statistik tanaman pangan Tahun 2023 untuk 7 (tujuh) komoditi utama yaitu padi, jagung, kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu dan ubi jalar. Evaluasi ini mencakup peninjauan terhadap metode pengumpulan data, pengolahan data, dan keakuratan data yang dihasilkan. Sehingga dapat meningkatkan kinerja para petugas data statistik dalam menyajikan data yang akurat.

See also  Kegiatan Pemasangan RUBUHA (Rumah Burung Hantu)

Pada pertemuan tersebut diberikan apresiasi bagi 3 (tiga) kabupaten yaitu Manggarai Barat, Rote Ndao dan Sumba Barat sebagai  kabupaten dan petugas data dengan predikat terbaik I, II dan III  dalam penyampaian laporan data statistik tanaman pangan Se-Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2023.

Similar Posts