Gubernur NTT Melakukan Pernanaman Jagung di Lokasi TJPS ditemani Hujan

Demi memastikan langsung perkembangan pelaksanaan pembangunan dilapangan dalam berbagai sektor, Gubernur Nusa Tenggara Timur melakukan Kunjungn Kerja yang berlangsung dari tanggal 21 Januari hingga 25 Januari 2022 didaratan Timor mulai dari Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU), Belu dan Kabupaten Malaka. Salah satu sektor yang menjadi perhatian adalah sektor pertanian yaitu Program/Kegiatan “Gerakan Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS). 

Hari pertama (21/01/2022) dalam agenda kunjungan kerja ini,  Gubernur NTT bersama rombongan melakukan penanaman jagung dilokasi TJPS di Desa benu, Kecamatan Takari  Kabupaten Kupang dengan luas 17 ha dari total luas lahan TJPS kabupaten  kupang sebesar 675 ha. Selain melakukan penanaman jagung pada arel  TJPS,  Gubernur Victor Bungtilu Laiskodat juga menyempatkan melakukan diskusi lapang bersama kelompok tani setempat  untuk mendapatkan masukan terkait pelaksanaan pembangunan khususnya gerakan TJPS yang dilaksanakan serta memastikan kegiatan tersebut berdampak bagi kesejahteraan masyarakat. Selain dengan masyarakat (kelompok tani), diskusi lapangan juga dilakukan bersama Dinas Pertanian Kabupaten Kupang, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT serta Tim TJPS (BPTP) yang ikut serta bersama rombongan Gubernur. Penanaman jagung yang dilakukan oleh Gubernur dan rombongan saat pagi (21/01/2022) tadi diguyur hujan yang cukup lebat, namun semua itu tidak menyurutkan langkah untuk terus bekerja (menanam),  karena petani dan orang pertanian sudah biasa dengan keadaan seperti ini dan justru hujan menjadi semangat dan berkat buat kemajuan pertanian di NTT tandas Gubernur. 

Selain lokasi TJPS dikabupaten kupang, di Kabupaten TTU pun dilakukan Pencanangan dan Penanaman Jagung pada lokasi TJPS oleh Gubernur NTT didampingi Bupati TTU Juandi David, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT (rombongan Gubernur) serta Kadis Pertanian TPH dan perkebunan Kabupaten TTU untuk Musim Tanam I Oktober – Maret 2021 – 2022  tepatnya dikelurahan Bitauni Kecamatan Insana dengan luas lahan 25 Ha dari total luasan 350 Ha dikabupaten ini.  Seperti halnya di Kabupaten Kupang, dilokasi TJPS Kabupaten TTU pun dilakukan pertemuan dan diskusi bersama masyarakat tani, kelompok tani, Tokoh Masyarakat serta aparat desa setempat dengan tujuan mendapat masukan sekaligus memastikan langsung perkembangan pelaksanaan pembangunan dilapangan yang pada akhirnya dapat dilakukan evaluasi dan adanya langkah-langkah perbaikan khususnya pada sektor pertanian yang menjadi salah satu sektor andalan pembangunan di NTT demi mewujudkan NTT bangkit menuju NTT sejahtera.

See also  PEMPROV NTT Lakukan Gerakan Pasar Murah (GPM) Di Gereja GMIT Silo Naikoten 1

Similar Posts