UPTD PKDLHP Sambut Kunjungan Rektor Universitas Nusa Nipa, Mempererat Kerjasama Pendidikan dan Pertanian

26 Juni 2024, Unit Pelaksana Teknis Daerah Perbenihan, Kebun Dinas dan Laboratorium Hayati Perkebunan (UPTD PKDLHP) menyambut kunjungan penting dari Rektor Universitas Nusa Nipa, Dr. Jonas K.G.D. Gobang, S. Fil., M.A. Pertemuan yang berlangsung di ruangan Kepala UPTD PKDLHP, Ir. Maria I.R. Manek, M.Sc., ini menjadi tonggak awal untuk mempererat hubungan antara kedua institusi, terutama dalam konteks pengembangan sektor pertanian di Nusa Tenggara Timur.

Universitas Nusa Nipa, yang dikenal memiliki jurusan Agroteknologi dan Pengolahan Hasil yang unggul, melihat peluang besar untuk menjalin kerjasama dengan UPTD PKDLHP. Dr. Jonas menekankan potensi sinergi antara keahlian akademis universitas dengan pengalaman praktis UPTD PKDLHP.

“Jurusan Agroteknologi dan Pengolahan Hasil kami memiliki fokus pada inovasi teknologi pertanian dan nilai tambah produk pertanian. Kami melihat UPTD PKDLHP sebagai mitra ideal untuk mengaplikasikan penelitian dan pengembangan kami di lapangan,” ungkap Dr. Jonas.

Menanggapi hal tersebut, Ir. Maria menyambut antusias gagasan kerjasama ini. “UPTD PKDLHP siap menjadi laboratorium lapangan bagi mahasiswa dan peneliti dari Universitas Nusa Nipa. Kami yakin kolaborasi ini akan menghasilkan terobosan-terobosan penting dalam teknologi pertanian dan pengolahan hasil yang sesuai dengan kondisi lokal Nusa Tenggara Timur,” jelasnya.

“Kami berharap kerjasama ini akan menjembatani gap antara riset akademis dan kebutuhan praktis di lapangan. Mahasiswa kami akan mendapat exposure langsung terhadap tantangan nyata di sektor pertanian,” tambah Dr. Jonas.

Ir. Maria juga menekankan pentingnya kolaborasi ini dalam konteks pembangunan pertanian berkelanjutan di wilayah tersebut. “Dengan menggabungkan kekuatan akademis Universitas Nusa Nipa dan pengalaman lapangan UPTD PKDLHP, kita dapat menghasilkan solusi-solusi inovatif yang benar-benar aplikatif bagi petani lokal,” ujarnya.

See also  Pemberian hadiah dan piagam penghargaan di puncak acara HUT KORPRI ke-52 tahun 2023

Kunjungan diakhiri dengan tour singkat ke fasilitas UPTD PKDLHP, memberikan gambaran konkret kepada Dr. Jonas tentang potensi kerjasama yang bisa dikembangkan.

Pertemuan ini diharapkan menjadi langkah awal menuju kemitraan jangka panjang yang akan memberikan dampak signifikan bagi kemajuan sektor pertanian di Nusa Tenggara Timur, sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang agroteknologi dan pengolahan hasil pertanian.

Similar Posts