Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia di Kebun Dinas dan Laboratorium UPTD PKDLHP

Unit Pelaksana Teknis Daerah Perbenihan, Kebun Dinas dan Laboratorium hayati Perkebunan (UPTD PKDLHP) Nusa Tenggara Timur (NTT) berencana mengadakan Pendidikan dan Pelatihan/Bimbingan Teknis (Diklat/Bimtek) guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kebun Dinas dan Laboratorium. Rencana ini merupakan tindak lanjut dari hasil Rapat Staf UPTD PKDLHP bersama Plt. Kepala Dinas PKP Provinsi NTT pada 10 Juli 2024.

UPTD PKDLHP saat ini mengelola 10 Kebun Dinas yang tersebar di 8 Kabupaten di NTT dengan 31 orang SDM. Selain itu, terdapat 2 unit Laboratorium Lapangan yang didukung 7 Sub Laboratorium Hayati di 7 Kabupaten dengan 13 orang SDM.

Dalam upaya mewujudkan rencana tersebut, UPTD PKDLHP telah melakukan penjajakan kerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi NTT. BPSDMD menyatakan kesediaannya untuk melaksanakan Diklat/Bimtek secara virtual melalui Zoom Meeting dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:

  1. Diklat/Bimtek ini direncanakan akan diikuti oleh 30 peserta ASN dan berlangsung selama 5 hari kerja.
  2. Dinas PKP Provinsi NTT akan berperan 70% dalam pelaksanaan kegiatan, meliputi penyiapan materi, penentuan narasumber, dan memastikan keaktifan peserta.
  3. BPSDMD Provinsi NTT akan berkontribusi 30% dengan menyiapkan narasumber untuk kegiatan dinamika dan menyusun kurikulum sesuai tema.

Melalui Diklat/Bimtek ini, UPTD PKDLHP berharap dapat meningkatkan produksi hasil Kebun Dinas dan Laboratorium, yang pada gilirannya akan berdampak positif terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Peserta Diklat/Bimtek juga dituntut untuk menghasilkan inovasi terbaru guna meningkatkan produksi pertanian.

Pelaksanaan Diklat/Bimtek ini direncanakan pada tahun anggaran 2024. Untuk merealisasikan rencana ini, UPTD PKDLHP perlu mengirimkan surat resmi kepada BPSDMD Provinsi NTT yang berisi tema dan petunjuk teknis Diklat/Bimtek sebagai dasar penyusunan kurikulum.

See also  Trichoderma: Kunci Menghidupkan Kebun Jambu Mente di Baumata

Dengan adanya peningkatan kualitas dan kapasitas SDM melalui Diklat/Bimtek ini, diharapkan pengelolaan Kebun Dinas dan Laboratorium UPTD PKDLHP dapat lebih optimal, sehingga mampu memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pembangunan sektor pertanian di Provinsi NTT.

Similar Posts