Panen Benih Varietas Lamuru di BBI Tarus: Mendukung Kemandirian Pertanian di NTT

Jumat 19 April 2024, UPTD Perbenihan TPH melalui Balai Benih Induk (BBI) Tarus menggelar kegiatan Panen Calon Benih Jagung Komposit Varietas Lamuru kelas BD, yang merupakan bagian dari program perbanyakan benih sumber yang didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2023. Kegiatan ini dihadiri Plt Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kepala UPTD Pengawasan dan Sertifikasi benih, Kepala UPTD Perbenihan TPH, Kepala Bidang Perkebunan, Kepala Bidang PSP2HP, Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Umum serta ASN lingkup Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan provinsi NTT, sebagai bentuk dukungan penuh pemerintah yang diharapkan menjadi tonggak penting dalam upaya memperbanyak dan memenuhi kebutuhan benih unggul. Selain itu juga untuk mendukung peningkatan produksi dan konsumsi petani di wilayah NTT.

Meningkatkan Ketersediaan Benih Unggul

Panen benih varietas Lamuru kelas BD ini bertujuan untuk ketersediaan benih unggul di BBI Tarus yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dari BBI Tarus sendiri maupun kebutuhan pada balai benih sekitar dan juga masyarakat yang membutuhkan. Varietas ini dipilih karena memiliki adaptasi yang baik terhadap kondisi lingkungan di NTT serta memiliki kualitas yang sangat diunggulkan dalam hal produktivitas dan ketahanan terhadap hama penyakit.

(Kepala UPTD Perbenihan TPH Semuel Frenclin Keffi, SP, M.Sc dalam membuka kegiatan panen)

Mendukung Kebutuhan Benih di NTT

Kegiatan ini juga diarahkan untuk memenuhi kebutuhan benih sumber di wilayah NTT yang diharapkan petani di wilayah tersebut dapat memperoleh benih berkualitas yang menjadi kunci utama dalam meningkatkan produksi, produktivitas dan pendapatan.

Peningkatan Penangkaran Benih

Selain untuk kebutuhan benih sumber, panen ini juga bertujuan untuk mendukung penangkaran benih di tingkat yang lebih tinggi. Benih varietas Lamuru kelas BD ini akan diturunkan kelasnya menjadi benih pokok (BP), sehingga nantinya dapat dijadikan benih sebar (BR) yang akan didistribusikan kepada petani secara lebih luas.

(proses panen jagung, BBI Tarus 19 april 2024)

Kontribusi pada Peningkatan Produksi dan Konsumsi Petani

Distribusi benih sebar (BR) melalui kegiatan pertanian tanaman pangan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada peningkatan produksi dan konsumsi petani di NTT. Benih berkualitas yang diperoleh petani mampu meningkatkan hasil panen, sehingga berkontribusi secara langsung pada peningkatan produksi pangan lokal dan kesejahteraan petani.

(#jagapanganjagamasadepan)

Kesimpulan

Kegiatan panen Calon Benih Jagung Varietas Lamuru kelas BD di BBI Tarus menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dalam mendukung pengembangan pertanian yang berkelanjutan yang inovatif di NTT. )***

See also  Plt Kadis Pertanian dan Pangan NTT, Apresiasi Penambahan Kuota Pupuk Bersubsidi Untuk Provinsi NTT Tahun 2024

Similar Posts