UPTD PKDLHP: Mendorong Inovasi dan Kolaborasi untuk Meningkatkan PAD

Kupang, 10 Juli 2024 – Semangat kolaborasi dan inovasi menyelimuti aula pertemuan UPTD PKDLHP hari ini. Dipimpin oleh Ibu Kepala UPTD Ir. Maria I. R. Manek, M.Sc., bersama seluruh staf, UPTD PKDLHP mengadakan pertemuan bersama Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT Bapak Joaz B. Oemboe Wanda, SP, Kasubag KUM Ibu Lyla T.A. Boelan, SE, staf yang mewakili Sub Bagian PDE (Program Data dan Evaluasi) dan sub bagian keuangan.

Pertemuan ini bertujuan untuk mengevaluasi Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) UPTD PKDLHP, mengidentifikasi kendala dalam mencapai target PAD, dan merumuskan strategi peningkatan PAD melalui berbagai program inovatif dan kolaboratif, berikut beberapa rangkuman hasil pertemuan:

  1. Evaluasi kinerja UPTD PKDLHP Tahun 2023
  2. Evaluasi PAD, target dan realisasi serta proyeksi tahun 2024
  3. Identifikasi permasalahan dan identifikasi potensi yang berkontribusi mendukung PAD
  4. Rumusan strategi retribusi

Perkuat Aktivitas Digital untuk Menjangkau Lebih Luas

Pertemuan menyepakati bahwa upaya UPTD PKDLHP dalam mempromosikan kegiatannya melalui media sosial seperti Facebook dan YouTube sudah baik, namun, untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dan menarik minat publik, UPTD PKDLHP perlu meningkatkan intensitas dan kualitas konten digitalnya.

Diusulkan agar UPTD PKDLHP memuat informasi yang lebih edukatif, informatif, dan menarik, seperti video tutorial, infografis, dan live streaming. Konten-konten ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang peran penting UPTD PKDLHP dalam mendukung sektor pertanian di NTT.

Jalinan Kolaborasi yang Saling Menguntungkan

Kerjasama dengan universitas dan sekolah-sekolah yang memiliki minat di bidang laboratorium akan terus dijalin dan ditingkatkan. UPTD PKDLHP membuka peluang bagi universitas dan sekolah untuk memanfaatkan laboratorium untuk penelitian dan edukasi.

Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan PAD UPTD PKDLHP melalui retribusi laboratorium/penggunaan sarana laboratorium dan kerjasama penelitian. Selain itu, kerjasama ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di NTT.

Meningkatkan Produksi dan Sosialisasi Aph

See also  Penjabat Gubernur NTT Kunjungi Demfarm Jemaat Kalvari Osiloa, Lahan Pertanian Hortikultura Jamaah Masjid Al Falah Manikin dan P4s Kampung Daun : Wujud Sinergi Sektor Pertanian dengan Lembaga Agama dalam Upaya Penanganan Kemiskinan serta Stunting

Upaya UPTD PKDLHP dalam pemanfaatan lahan dengan aneka tanaman hortikultura seperti cabe, tanaman sayur dll yang merupakan Langkah optimalisasi lahan yang berkontribusi pada PAD selain untuk mendukung kreativitas dan penelitian siswa/siswi atau mahasiswa magang.

Sosialisasi mengenai aph (agen pengendali hayati) ke kabupaten-kabupaten di NTT akan terus dilakukan. UPTD PKDLHP berharap dengan semakin dikenalkan produk APH, permintaan dan kerjasama untuk pemesanan dan pelatihan bagi petani juga dapat menjadi sumber PAD yang signifikan.

Inovasi untuk Meningkatkan PAD

Beberapa catatan penting untuk pengingkatan kinerja UPTD PKDLHP adalah :

  • Optimasi potensi kebun-kebun Dinas dan laboratorium hayati yang secara bertahap dilakukan dengan pendataan aset kebun dinas/laboratorium hayati, kondisi sarana prasarana, daya dukung, SDM dan komoditi potensial (baik berupa tanaman maupun retribusi dari APH)
  • Optimasi potensi/penginapan dan aula didahului dengan telaahan kondisi riil dan perencanaan yang komperhensif untuk peningkatan layanan yang berkualitas
  • Mengembangkan produk-produk baru yang dibutuhkan oleh petani, seperti pupuk organik, pestisida hayati, dan benih unggul.
  • Menyediakan jasa konsultasi dan pelatihan bagi petani tentang budidaya tanaman yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.
  • Menjalin kerjasama dengan perusahaan swasta untuk memasarkan produk-produk UPTD PKDLHP.
  • Menyelenggarakan pameran dan workshop untuk memperkenalkan produk-produk UPTD PKDLHP kepada masyarakat.

Dengan semangat kolaborasi, inovasi, dan kerja keras, UPTD PKDLHP yakin dapat meningkatkan PAD dan berkontribusi lebih besar dalam mendukung ketahanan pangan di Provinsi NTT.

BERSAMA KITA BISA!!!

BERSAMA BEKERJA

BEKERJA BERSAMA, BISA!!!

Similar Posts