Badan Pangan Nasional Laksanakan Kegiatan B2SA Goes to School di Kabupaten TTS

Pada tanggal 4 – 5 Juni 2024, Badan Pangan Nasional melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur  melaksanakan kegiatan “B2SA Goes to School” di 3 (tiga) Sekolah di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Kegiatan ini berlangsung di SDI Nifuboko, SMP Kristen 1 Soe, dan SMKN 2 Soe bertempat di aula masing-masing sekolah.

Kegiatan “B2SA Goes to School” bertujuan untuk mensosialisasikan konsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) sejak dini. Melalui, edukasi dan pemberian makanan B2SA serta diharapkan agar dapat meningkatkan pemahaman dan penerapan konsumsi pangan yang sehat dalam kehidupan sehari-hari. Hal Ini merupakan langkah penting untuk menjadikan pola makan sehat sebagai budaya atau gaya hidup, sehingga anak-anak NTT dapat tumbuh menjadi generasi emas yang sehat, aktif, dan produktif pada tahun 2045.

Peserta Kegiatan

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, yaitu:

  • Penjabat Bupati Soe
  • Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten TTS beserta staf
  • Kepala Bappeda Kabupaten TTS
  • Perwakilan dari Dinas Peternakan Kabupaten TTS
  • Perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS

Partisipasi dari berbagai instansi ini menunjukkan komitmen bersama untuk mendukung program B2SA dalam meningkatkan kualitas gizi anak-anak di wilayah tersebut.

Selama 2 (dua) hari pelaksanaannya, berbagai aktivitas dilakukan untuk menyampaikan pesan tentang pentingnya konsumsi pangan B2SA kepada siswa antara lain:

  1. Sosialisasi dan Edukasi: Siswa diberi pemahaman tentang pentingnya mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman. Materi edukasi disampaikan dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak.
  2. Pemberian Makanan B2SA: Siswa menerima makanan yang memenuhi kriteria B2SA. Kegiatan ini sebagai contoh konkrit, yang membantu anak-anak merasakan langsung manfaat dari makanan sehat.
  3. Pemberian Marchandise melalui kegiatan interaktif lainnya seperti kuis, games atau permainan edukatif yang dilakukan untuk mendorong partisipasi siswa dan memastikan pemahaman mereka tentang konsep B2SA.
  4. Penyerahan Banner B2SA kepada pihak sekolah untuk terus melaksanakan sosialisasi makan B2SA kepada siswa.

Kegiatan “B2SA Goes to School” diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi siswa di Kabupaten TTS, yaitu:

  1. Meningkatkan pemahaman tentang pentingnya konsumsi pangan yang beragam dan bergizi,
  2. Dapat mengadopsi pola makan sehat dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Dapat memanfaatkan pangan lokal sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi.
  4. Merubah pola pikir bahwa kenyang tidak harus nasi, makan B2SA tidak harus mahal.
  5. Tercipta budaya makan sehat yang berkelanjutan di kalangan generasi muda.
See also  PEMPROV NTT Lakukan Gerakan Pasar Murah (GPM) Di Gereja GMIT Silo Naikoten 1

Kesimpulan

Kegiatan “B2SA Goes to School” yang dilaksanakan oleh Badan Pangan Nasional melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT di Kabupaten TTS merupakan langkah penting dalam mempromosikan pola makan sehat di kalangan anak-anak. Dengan edukasi dan pemberian contoh nyata, diharapkan dapat tercipta generasi muda yang sadar akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman. Melalui kegiatan ini, NTT diharapkan dapat mencetak generasi emas yang sehat dan produktif pada tahun 2045.

Similar Posts